Masuk

Ingat Saya

Pemuda dan Terorisme

Faktor umum penyebab para pemuda banyak yang menjadi pelaku teror di Indonesia karena beberapa permasalahan yaitu :

1)      Frustasinya kaum muda karena banyaknya Sarjana yang menganggur.

2)      Korupsi yang terus menerus yang dilakukan pejabat pemerintah.

3)      Kurangnya perhatian dari orang tua.

4)      Kurangnya pengajaran agama.

5)      Ketidakadilan pemerintah dalam memimpin negara ini.

Adapun faktor-faktor yang mendorong terbentuknya terorisme pada pemuda

  1. Faktor Ekonomi

Kita dapat menarik kesimpulan bahwa faktor ekonomi merupakan motif utama bagi para terorisme dalam menjalankan misi mereka. Keadaan yang semakin tidak menentu dan kehidupan sehari-hari yang membikin resah pemuda untuk melakukan apa saja. Kemiskinan membuat pemuda gerah untuk berbuat yang tidak selayaknya diperbuat seperti; membunuh, mengancam orang, bunuh diri, dan sebagainya. Kemiskinan sudah menjadi permasalahan di Indonesia itu bisa jadi itu salah satu penyebab terjadinya terorisme.

  1. Faktor Sosial

Situasi ini sangat menentukan kepribadian seseorang dalam melakukan setiap kegiatan yang dilakukan. Sistem sosial yang dibentuk oleh kelompok teroris atau garis keras membuat semua orang yang mempunyai tujuan sama dengannya bisa mudah berkomunikasi dan bergabung dalam garis keras atau terorisme.

  1. Faktor Ideologi

Faktor ini yang menjadikan para pemuda yakin dengan apa yang diperbuatnya. Perbuatan yang mereka lakukan berdasarkan dengan apa yang sudah disepakati dari awal dalam perjanjiannya. Dalam setiap kelompok mempunyai misi dan visi masing-masing yang tidak terlepas dengan ideologinya.

#DamaiDalamSupahPemuda